KuacyGreen ^_^ @nytha_thabitha

Saturday, December 3, 2011

Karakter dan Peran Makhluk Hidup

a)      Pada awalnya, semua para ahli hanya mengelompokkan makhluk hidup menjadi 2 kerajaan, yaitu kerajaan tumbuhan dan kerajaan hewan. Namun ada tumbuhan yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, yaitu jamur (fungi). Berarti, tumbuhan berbeda dengan jamur maka para ahli taksonomi kemudian mengelompokkan makhluk hidup menjadi tiga kelompok, yaitu Plantae (tumbuhan), Fungi (jamur), dan Animalia (hewan). Setelah para ahli mengetahui struktur sel (susunan sel) secara pasti, makhluk hidup dikelompokkan menjadi empat kerajaan, yaitu Prokariot, Fungi, Plantae, dan Animalia, Pengelompokan ini berdasarkan ada tidaknya membran inti sel. Sel yang memiliki membran inti disebut sel eukariotik, sel yang tidak memiliki membran inti disebut sel prokariotik. Pada tahun 1969 Robert H. Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Pengelompokan ini berdasarkan pada susunan sel, cara makhluk hidup memenuhi makanannya, dan tingkatan makhluk hidup. Namun sistem ini kemudian diubah dengan dipecahnya kingdom monera menjadi kingdom Eubacteria dan Archaebacteria. Sehingga, Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup pada akhirnya menjadi Enam Kingdom.
b)      Makhluk hidup terdiri dari 6 kingdom yaitu:
a.       Kingdom Animalia
b.      Kingdom Plantae
c.       Kingdom Bakteri
d.      Kingdom Protista
e.       Kingdom Fungi
f.       Kingdom Archaebacteria
c)      Karakteristik Animalia
Hewan merupakan organisme eukariota,multiseluler,dan heterotrofik.Sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat,seperti pada heman atau jamur.Komponen terbesar sel-sel hewan terdiri atas protein struktural kolagen.
d)     Karakteristik Plantae
Plantae atau tumbuhan terdiri atas eukariot,autotrof,multiselular,dan memilikidinding sel.
e)      Karakteristik Bakteri
Bakteri meliputi semua makhluk hidup atau organisme yang prokariotik, bersel satu, dan mikroskopis.Bakteri mempunyai beberapa bentuk yaitu kokus(bulat), basil(batang), spirilium(spiral), dan filamen.
f)       Karakteristik Protista
Karakteristik protista terdiri atas organisme yang bersel satu, eukariotik, umumnya sudah memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan dan hewan
g)      Karakteristik Fungi
Fungi memiliki dinding sel, tidak berklorofil, dan bersifat heterotrof.Pada umumnya fungi merupakan organisme saprofit.
h)      Karakteristik Virus
Virus memiliki ukuran ultra mikroskopis.Merupakan parasit sejati, berbentuk oval, bulat, batang huruf T, kumparan.Aktifitasnya harus di sel makhluk hidup.
i)        Peranan Animalia
Bila dikeringkan euspongia officinalis dapat digunakan sebagai spons, ubur-ubur dapat dibuat tepung ubur-ubur yang diolah menjadi bahan kosmetik, planaria dapat dimanfaatkan untuk makanan ikan
j)        Peranan Plantae
Sebagai produsen dalam ekosistem, mengendalikan siklus/daur biogeokimia, mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, dan pengikisan tanah.
k)      Peranan Bakteri
Membantu menyuburkan tanah, pengurai sisa makhluk hidup, fermentasi dalam pembuatan makanan dan minuman, penghasil obat.
l)        Peranan Protista
Zooplankton berguna sebagai makanan ikan, entamoeba coli yang ada di usus besar berperan sebagai proses pembusukan makanan
m)    Peranan Fungi
Sebagai pengurai, dapat dikonsumsi, menghasilkan obat-obatan, dapat meningkatkan kesuburan tanah
n)      Peranan Virus
Membuat antitoksin, melemahkan bakteri, memproduksi vaksin, menyerang patogen.

2 comments:

  1. infonya bagus jadi inget pelajaran biologi di sekolah... ^^

    ReplyDelete
  2. Tu materi kuliah minggu kemarin kak....
    Kuliah aja masih belajar BIOLOGI >,<
    wkkkkkkkkkkk.....

    ReplyDelete