Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SMA _______________________
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
X/1 (Ganjil)
Alokasi Waktu :
45 menit
Standar Kompetensi :
· Menggunakan operasi dan sifat manipulasi aljabar
dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan
logaritma; persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat; sistem persamaan linier
kuadrat; pertidaksamaan; logika matematika.
Kompetensi Dasar :
·
Menggunakan sifat dan aturan persamaan kuadrat
dalam pemecahan masalah.
Indikator :
1. Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapi
bentuk kuadrat, dan rumus abc.
2. Menggunakan diskriminasi dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat.
3. Menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi ini Peserta didik
diharapkan dapat:
1. Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapi
bentuk kuadrat, dan rumus abc.
2. Menggunakan diskriminasi dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat.
3. Menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
B.
Materi Ajar :
1. Bentuk umum persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 dengan a, b, c Є
R dan a0
2. Menentukan akar-akar persamaan kuadrat:
a.
Pemfaktoran
b.
Melengkapi bentuk kuadrat
c.
Menggunakan rumus abc
3. Jenis persamaan kuadrat
D = b2 – 4ac disebut diskriminan
a.
D 0, dua akar nyata dan berbeda
b.
D = 0, dua akar kembar
c.
D 0, tidak mempunyai akar nyata
d.
b = 0, akar-akarnya berlawanan
e.
a = c, akar-akarnya berkebalikan
4. Jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat:
a.
b.
c.
C.
Metode Pembelajaran :
Penemuan terbimbing dan kooperatif.
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
·
LCD
·
LKS
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal :
a. Orientasi : Menunjukkan
indikator yang akan dibahas.
b. Apersepsi : Peserta didik diingatkan kembali tentang
bentuk pangkat dua dan akar.
c. Motivasi : Memberikan gambaran
tentang materi persamaan
kuadrat serta penerapannya dalam penyelesaian masalah.
2. Kegiatan Inti :
a.
Eksplorasi :
·
Peserta didik mendiskusikan
definisi persamaan kuadrat.
·
Peserta didik dan guru mendiskusikan akar-akar persamaan kuadrat.
·
Guru memberikan informasi
tentang jenis persamaan kuadrat dan peserta didik memahami
penerapannya.
·
Peserta didik dan guru mendiskusikan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
b.
Elaborasi :
·
Guru memberikan soal
latihan dan peserta didik mengerjakan
soal latihan.
·
Peserta didik mempresentasikan
hasilnya.
c.
Konfirmasi :
·
Guru melakukan
tanya jawab sambil
mengarahkan peserta
didik menemukan jawaban atas
permasalahan yang
ditemukan.
3. Kegiatan Akhir :
·
Peserta didik membuat kesimpulan
·
Peserta didik diberi tugas untuk
pertemuan selanjutnya
F.
Penilaian :
a. Teknik Penilaian : Penugasan dan
tes tertulis.
b.
Bentuk Instrumen : Kegiatan mandiri tidak
terstruktur dan uraian.
c. Aspek Penilaian :
·
Proses :
Keaktifan, antusiasme, dan kebenaran.
·
Hasil :
Kebenaran hasil tes tertulis.
Contoh Instrumen :
1. Tentukan akar-akar persamaan kuadrat dari 12x2
+ 26x + 12 = 0.
2. Akar-akar dari x2 – (p + 3)x + 2(p
+ 1) = 0 adalah x1 dan x2. Jika x1 = 3x2
dan p bilangan asli, maka tentukan nilai p!
3. Tentukan nilai k jika persamaan kuadrat 3x2
+ 2px + 3 = 0 mempunyai nilai akar x1 – x2 = 0.
Ponorogo,
26 Mei 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................................. Anita
Ika Puspita Mokodompis
No comments:
Post a Comment