KuacyGreen ^_^ @nytha_thabitha

Monday, December 5, 2011

Pendekatan Pembelajaran Matematika


Pendekatan (approach) dalam pembelajaran matematika adalah suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika agar konsep yang disajikan bisa dipahami oleh peserta didik. Cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran atau materi pembelajaran itu, umum atau khusus. Setiap guru harus mempunyai kemampuan tersebut, karena kemampuan tersebut akan ikut menentukan keberhasilan pembelajaran matematika di sekolah. Disini kami akan menyajikan beberapa pendekatan yang dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran matematika. Pendekatan-pendekatan itu antara lain sebagai berikut:
  1. Pendekatan spiral adalah suatu konsep diberikan secara sebagian-sebagian, berulang-ulang dan dalam selang waktu yang terpisah-pisah, mula-mula konsep ini diperkenalkan dalam bentuk sederhana yang makin lama semakin kompleks dan pada akhirnya digunakan bentuk umum dalam matematika.
  2. Pendekatan deduktif adalah pendekatan berfikir yang dilakukan dengan suatu cara untuk menarik kesimpulan.
  3. Pendekatan induktif adalah pendekatan  berfikir yang dilakukan untuk menarik kesimpulan dari kasus-kasus yang bersifat khusus menjadi hal bersifat umum.
  4. Pendekatan intuitif adalah suatu bentuk pendekatan yang hampir mirip dengan pendekatan induktif  dan pendekatan ini menggunakan penalaran intuitif.
  5. Pendekatan formal adalah pembelajaran yang berdasarkan sistem deduktif formal, yaitu pembelajaran yang dimulai dari pengenalan unsur yang tidak didefinisikan atau aksioma, kemudian diikuti dengan pengenalan teorema atau dalil yang dibuktikan kebenarannya dengan menggunakan aksioma. 
  6. Pendekatan informal adalah pendekatan yang dapat digunakan untuk merangsang peserta didik agar menemukan dan membuktikan sendiri sifat atau rumus.
  7. Pendekatan analitik sering kali digunakan dalam pemecahan masalah matematika. Pendekatan analitik ini merupakan pendekatan yang logis karena setiap langkahnya selalu beralasan.
  8. Pendekatan sintetik merupakan pendekatan yang kebalikan dengan pendekatan analitik. Pada pendekatan ini prosedur yang ditempuh mulai dari apa yang diketahui dalam masalah yang sedang dipersoalkan , kemudian mencari keterkaitannya dengan hal-hal yang belum diketahui dalam masalah itu tetapi diperlukan, dan akhirnya sampai kepada hal yang dikehendaki.

No comments:

Post a Comment